Pengobatan Tradisional Hipertensi

Dalam mengatasi tekanan darah tinggi tidak ada salahnya jika kita melirik kembali dan mencoba atau memilih berbagai resep nenek moyang yang sudah dipakai sejak zaman dahulu. Pengobatan tradisional hipertensi seperti ini kini lebih dikenal dengan istilah pengobatan secara tradisional. Pengobatan secara tradisional ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran dan fungsi obat dari dokter. Meskipun demikian, paling tidak obat tradisional dapat meringankan penderitaan sebelum pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat. Jadi sebaiknya pengobatan secara tradisional ini dilakukan berdampingan dengan pengobatan modern dengan pengawasan dokter.

Sebagai pedoman dalam mengonsumsi bahan-bahan alami atau dalam memakai dan memanfaatkan terapi jus dan ramuan pengobatan tradisional hipertensi hendaknya diperhatikan cara pembuatan dan pemakaiannya.

Ada hal yang juga harus diperhatikan dalam melakukan pengobatan tradisional hipertensi. Obat alami yang sebaiknya dihindari bila menyandang tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah :

  1. Liquorice : tanaman ini (akar yang dikeringkan atau ekstraknya)dapat meningkatkan tekanan darah dan berpotensi menyebabkan gagal jantung. Sebaiknya tidak mengonsumsi bila Anda menyandang penyakit hati, ginjal, atau kelainan kardiovaskular, bila Anda sedang hamil, dan memilikinkadar kalium darah yang rendah atau hipertensi.
  2. Ma Huang : tanaman ini sebaiknya tidak dikonsumsi bila Anda menyandang hipertensi, diabetes, penyakit tiroid atau jantung.
  3. Ginseng Asia : Ada beberapa laporan yang menyatakanbahwa beberapa jenisginseng dapat menyebabkan efek samping peningkatan tekanan darah.

Pengobatan tradisional hipertensi dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yaitu ;

  1. Belimbing
    Buah belimbing merupakan sumber vitamin C yang baik. Karenanya bisa dikatakan sebagai antioksidan, zat besi, fosfor, serta kalsium. Belimbing juga mengandung vitamin A, B dan niacin. Pemakaian belimbing untuk hipertensi sudah terkenal di Indonesia, terutama sebagia obat tradisional.
  2. Bit
    Jus bit mengandung zat yang dapat membuat butir-butri darah merah. Bagi mereka yang mengalami ganguan menstruasi, sari bit ini sangat baik diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas setiap kali minum. Dalam sehari sebaiknya tidak diminum lebih dari setengah liter, karena jika terlalu banyak dapat membuat pusing. Hal ini disebabkan sifatnya sebagai pembersih tubuh yang agak keras, terutama membersihkan hati, atau denganĀ  kata lain the eliminative system. Kombinasi bit denganĀ  jus wortel, dengan perbandingan segelas jus wortel dan setengah gelas jus bit, bisa membuat sel-sel darah merah. Dalm bit terdapatĀ  juga kandungan besi, fosfor, kalsium dan vitamin A, B, C serta niacin.
  3. Bayam
    Bayam mengandung potassium, sodium, kalsium, iodine, magnesium, fosfor, belerang, dan zat besi. Bayam juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan G. Bayam merupakan makanan penting untuk alat pencernaan, baik bagian saluran makanan dari tubuh seperti parut, susu dua belas jari, dan usu kecil, maupun usus besar atau kolon.

=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Hipertensi Alami and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>